Kenapa Lebaran Tahun 2020 Dilarang Mudik?

Halo IYOINers! Kalian sudah tahu belum kalau lebaran tahun 2020 dilarang untuk melakukan mudik? Nah, berkaitan dengan kondisi yang sedang di alami oleh seluruh Negara termasuk Indonesia, pemerintah menerapkan suatu transformasi dari yang sebelumnya boleh melakukan mudik menjadi dilarang melakukan mudik. Buat kamu yang belum tau mengapa pemerintah menerapkan kebijakan ini, yuk baca artikel berikut ini.

Memperluas Penyebaran Virus di Daerah

Seperti yang kita tahu, mudik merupakan suatu momen dimana kita bertemu dengan sanak keluarga yang berasal dari berbagai daerah. Dengan kita melakukan kegiatan mudik, maka akan terjadi mobilitas yang tinggi sehingga hal ini dapat menyebabkan perluasan penyebaran virus di daerah.

Risiko Penularan Saat di Angkutan Umum

Banyak masyarakat Indonesia yang memilih menggunakan angkutan umum untuk melakukan mudik. Padahal, risiko penyebaran virus sangat mungkin terjadi di angkutan umum karena pengguna angkutan umum mayoritas memiliki mobilitas tinggi dan dapat berasal dari mana saja.

Menulari Keluarga di Kampung

Pada umumnya, tradisi mudik dari setiap tahun adalah berkumpul dengan keluarga yang ada di daerah. Dengan terjadinya penyebaran virus didaerah, hal ini tidak menutup kemungkinan keluarga yang kita cintai pun ikut tertular. Nah, kamu tidak ingin kan keluarga mu ikut tertular?

Membawa Virus Tanpa Gejala

Tidak bergejala, namun dapat menularkan virus korona. Keadaan ini biasa disebut dengan asimtomatik, yaitu suatu penyakit yang sudah positif diderita oleh seseorang, tetapi tidak memberikan gejala klinis apapun.

Orang-orang di zona merah seperti Jakarta dan sekitarnya yang terinfeksi COVID-19 tidak menunjukkan gejala atau asimtomatik

Pandu Riono, Dokter Epidemiologi Universitas Indonesia

Nah, itulah beberapa alasan mengapa lebaran tahun 2020 mudik dilarang untuk dilakukan. IYOINers, yuk untuk saat ini kita lebaran #dirumahAja untuk kebaikan kita bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to iyoindepok@gmail.com

× How can we help you?